Hamilton, Juara di Balapan Penuh Drama Azerbaijan

Hamilton
Hamilton

Kemaren Minggu (29/4/2018)  seri ke empat ajang balap GP formula1 di sirkuit Baku City, Azerbaijan. Hamilton tampil di podium juara dalam moment balapan yang dipenuhi dengan drama berguguranya para pembalap ungulan.

Lewis Hamilton, yang berhasil mendapatkan kemenangan perdananya tersebut finis dengan catatan waktu 1 jam 43 menit 44,291 detik. Dia mengungguli Kimi Raikkonen (Ferrari) dan pebalap Force India, Sergio Perez, yang berturut-turut di posisi kedua dan ketiga.

Sementara itu rekanya di Mercedes Valtteri  Bottas yang sempat mengambil keuntungan dari Vettel justru malah gagal finis karena pecah ban. Sementara Vetel sendiri pimpinan kelasmen sementara harus puas finis di urutan ke empat.

Kemenangan pertama Hamilton musim ini sepertinya memang sudah bisa di prediksi sejak sebelumnya, karena dalam sesi kualifikasi Mercedes sudah mampu memangkas selisih waktu dengan Ferrari.

Memang pole postion GP Azerbaijan masih jadi milik Sebastian Vettel. Pada sesi kualifikasi di Sirkuit Baku City, Sabtu (28/4/2018) malam WIB, dimana pebalap Ferrari itu mencatatkan waktu terbaiknya satu menit 41,498 detik.

Namun Hamilton, Mercedes membuktikan bahwa ia mampu menempel Vettel dengan selisih hanya 0,179 detik. Disusul rekan satu timnya Valtteri Bottas di posisi ketiga.

Baca Juga : cara-menghitung-poin-motogp-gp-formula1/

Selisih waktu tersebut jauh lebih baik jika dibandingkan dengan sesi kualifikasi sebelumnya Jumat (27/4/2018). Di sesi latihan bebas kedua, Bottas, pebalap terbaik Mercedes pada sesi itu, terpaut 0,706 detik dari Kimi Raikkonen yang ada di posisi kedua.

Sementara di sesi latihan bebas terakhir, Hamilton kalah 0,361 detik dari Vettel. Terkait pencapaiaan itu Hamilton mengtakan

“Ferrari begitu dominan dalam beberapa balapan terakhir terkait kecepatan, jadi kami tahu mereka akan sangat cepat di sini, seperti yang sudah terlihat sepanjang akhir pekan. Red Bull juga terlihat menjanjikan. Saya tidak tahu apa yang terjadi kepada mereka,” kata Hamilton seperti dikutip ESPN F1.

Hamilton memang belum pernah memenangi balapan di seri-seri sebelum balapan di Azerbaijan ini. Pada tiga seri pertama, pencapaian terbaiknya adalah finis kedua di seri pembuka GP Australia.

Jadi kemenangan di Azerbaijan ini menjadi raihan podium pertama bagi Hamilton di musim ini. Dengan pencapaian ini, kini ia menguasai puncak klasemen sementara pebalap dengan rihan 70 poin, menggeser Vettel yang finis ke posisi kedua dengan 66 poin. Di posisi ketiga ada Raikkonen dengan 48 poin.

Sumber foto : youtube.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here