Wakil Bupati Soppeng Buka Kejuaraan 72 Dragbike

Kabupaten Soppeng merupakan salah satu Kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu kota Kabupaten ini terletak di Watansoppeng. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.359,44 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 225,512 (BPS, 2013).

Soppeng terletak pada depresiasi sungai Walanae yang terdiri dari daratan dan perbukitan dengan luas daratan ± 700 km2 serta berada pada ketinggian rata-rata antara 100-200 m di atas permukaan laut. Luas daerah perbukitan Soppeng kurang lebih 800 km2 dan berada pada ketinggian rata-rata 200 m di atas permukaan laut. Kabupaten Soppeng tidak memiliki wilayah pantai. Wilayah perairan hanya sebagian dari Danau Tempe.

Kabupaten Soppeng menurut ketinggiannya dililit beberapa pegunungan, antara lain:Gunung Nene Conang memiliki ketinggian 1.463 m. Gunung Laposo 1000 m. Gunung Sewo 860 m. Gunung Lapancu 850 m. Gunung Bulu Dua 800 m. Gunung Paowengeng 760 m (sumber: disbudpar.soppengkab.go.id).

Dari gambaran umum diatas, sekiranya pantas apabila Kabupaten Soppeng menjadi tempat digelarnya kejuaraan dragbike atau balap motor. Selain lokasi, destinasi wisata Soppeng patut dikunjungi para crosser, khususnya peserta dari luar Soppeng.

Kejuaraan balap motor bertajuk “72 Dragbike 2018” dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Soppeng, Supriansa di sirkuit Rigading Kampong Awo Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng, Sabtu (5/05/2018).

Terlebih dahulu disampaikan laporan Ketua panitia Andi Harta Sanjaya, dalam laporannya, “bahwa perkembangan dunia olahraga di Kabupaten Soppeng beberapa tahun belakangan ini pada umumnya telah mengalami perkembangan yang cukup memuaskan terkhusus pada balap motor.” Katanya.

“Potensi-potensi generasi muda telah bermunculan seiring perkembangan olahraga balap motor, hal ini tidak terlepas dari peran serta berbagai pihak yang memberikan support dan ruang kepada potensi muda untuk mengembangkan bakat dan sportivitas melalui event-event yang dilaksanakan,” jelas Harta Sanjaya.

Harta Sanjaya menjelaskan bahwa keberhasilan pengembangan atlit balap di Kabupaten Soppeng tergantung pada pola pembinaan yang berkesinambungan dan melaksanakan event balap motor,  baik bersifat daerah maupun nasional.

Wakil Bupati Soppeng Supriansa SH. MH menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah menyambut baik penyelenggaraan kejuaraan dragbike ini yang bernilai sangat positif dalam membentuk watak dan karakter generasi muda khususnya dalam penanaman nilai-nilai patriotisme, berdisiplin tinggi serta membangun jiwa sportivitas. “Melalui event ini diharapkan menjadi wahana pengembangan bakat, minat, keterampilan dan kreativitas generasi muda terutama yang berkaitan dengan motor sport sekaligus menciptakan bibit-bibit muda yang di harapkan mampu berprestasi di masa mendatang,” ungkap Supriansa.

“Oleh karena itu saya berharap agar event ini benar-benar dimanfaatkan sebagai momentum menyalurkan bakat yang mengedepankan sportivitas. Dengan mununjukkan kemampuan dan keterampilan sekaligus menguji adrenalin untuk menuai prestasi yang dapat di banggakan,” Harapnya.

Turut hadir Wakil Kepala Polisi Resort Soppeng, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan olahraga Soppeng, Perwakilan ketua IMI dan undangan lainnya.

Salam Sportif

#pipot_sportif2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here