Liverpool Juara UCL, Bagaimana Dengan Chelsea?

96
Liverpool
Liverpool

Liverpool wakil dari Liga EPL Inggris akan berhadapan dengan Real Madrid wakil dari La Liga Spanyol pada Final Liga Champions 27 Mei mendatang.

Seperti diketahui Liverpool baru saja mengakhir laga terakhirnya musim ini, sekaligus juga memastikan posisinya ada di peringkat keempat klasemen akhir musim 2017/2018 ini.

Sesuai aturan UEFA, liga Inggri berhak mengirimkan empat wakilnya langsung berlaga di babak grup Liga Champions. Dengan lolosnya Liverpool ini tentu pertanyaanya bagaimana jika Liverpool mengalahkan Real Madrid di Final dan menjadi juara di Liga Champions musim ini?

Baca juga : berita-mohamed-salah-ke-madrid-hoax/

Kalau itu yang terjadi, maka dengan demikian The Reds akan mendapatkan dua tiket menuju Liga Champions musim depan 2018/2019. Masing-masing sebagai juara bertahan dan sebagai wakil resmi dari kompetisi Liga Inggris.

Pertanyaanya berikutnya, bagaimana dengan nasib Chelsea sang juara musim lalu? Musim ini Chelse hanya finis di posisi ke lima kelasmen akhir. Dengan begitu apakah satu tiket jatah Liverpool yang berasal dari liga domestik akan menjadi hak Chelsea?

Ternyata tidak bro! Sesuai aturan UEFA, andai juara Liga Champions sudah lolos dari jalur kompetisi domestik, maka satu tiket tersisa akan diberikan kepada juara liga dari asosiasi tertinggi yang belum lolos langsung ke babak grup. Untuk musim depan jatah tersebut jatuh kepada Liga Republik Ceska.

Baca juga : liverpool-juara-liga-champions-2017-2018/

Liga Republik Ceska tahun ini memang menempati posisi ke-11 di liga Eropa. Sepuluh liga di atasnya mendapatkan jatah langsung lolos ke babak grup seperti Spanyol, Jerman, Inggris, Italia, Prancis, Rusia, Portugal, Ukraina, Belgia, dan Turki.

Menariknya, karena kedua tim finalis Real Madrid dan Liverpool sudah sama-sama lolos melalui jalur Liga domestik, maka dengan demikin juara Liga Republik Ceska ini sudah dipastikan menempatkan satu wakilnya di babak grup musim depan.

Aturan baru Liga Champions 2018/2019

UEFA sudah mengumumkan aturan perubahan untuk liga Champions musim mendatang dimana ada penambahan jatah yang lolos langsung di fase grup Liga Champions. Aturan baru ini mulai diberlakukan musim 2018-2019 mendatang

Nantinya akan ada 26 klub yang lolos langsung ke fase grup untuk dikethui musim lalu hanya 22 klub. Untuk melengkapi 32 klub di fase grup, UEFA menyediakan enam tiket yang akan diperebutkan melalui babak kualifikasi.

Berikut 26 klub yang lolos langsung ke fase grup Liga Champions

  • Juara bertahan Liga Champions
  • Juara bertahan Liga Europa
  • Empat klub teratas di empat liga top Eropa (Spanyol, Inggris, Jerman, dan Italia)
  • Dua klub teratas di Liga Prancis dan Liga Rusia
  • Juara di Liga Portugal, Liga Ukraina, Liga Belgia, Liga Turki

Sumber foto : youtube.com

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here