Italia Sapu Bersih Podium Satu GP San Marino

Italia
Italia

Pertama kali dalam sejarah, Italia berhasil tampil menguasai podium pertama untuk semua kelas pada ajang balapan GP San Marino (11/9) kemaren malam.

Memang harus diakui untuk ajang balap Grand Prix ini masih didominasi oleh pembalap dari dua negara Italia dan Spanyol. Keduanya bisa dikatakan menjadi penyumbang pembalap terbanyak di ajang motoGP ini. Keduanya juga sekaligus menjadi kiblat tempat lahirnya pembalap-pembalap hebat.

Spanyol dikatakan memiliki banyak pembalap top sementara Italia memiliki banyak pembalap muda. Sesuai data kalau dari ketiga kelas seri balapan itu digabungkan Moto3, Moto2 dan MotoGP, maka total ada 84 pembalap dari 19 negara. Eropa memang menjadi penyumbang terbesar,

Jika acuannya kelas MotoGP, Italia harus mengakui dominasi Spanyol. Dari 24 pembalap di kelas premier ini 9 diantaranya adalah pembalap dari Spanyol masing-masing ada Alvaro Bautista, Maverick Vinales, Dani Pedrosa, Aleix Espargaro, Alex Rins, Pol Espargaro, Tito Rabat, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo. Sementara Italia hanya menampilkan 5 pembalapnya saja yakni Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, Franco Morbidelli, Andrea Iannone dan Valentino Rossi.

Dari sisi prestasi, saat ini kelasmen sementara motoGP dikuasai pembalap Spanyol Marc Marquez dengan rihan 221 poin, dibuntuti dua pembalap Italia Andrea Dovisioso (154) dan Valentino Rosi (151).

Jika berbicara Moto3 dan Moto2 yang merupakan kelas pembinaan serta pematangan pembalap sebelum menembus kelas premier. Italia menguasai dua kelas ini sementara Spanyol harus puas ada di tempat kedua.

Untuk musim balap 2018 ini, kelas Moto3 ada 28 pembalap, 9 diantaranya berasal dari Italia yakni Nicolo Bulega, Dennis Foggia, Marco Bezzecchi, Tony Arbolino, Andrea Migno, Fabio di Giannantonio, Nicolo Antonelli, Enea Bastianini dan Lorenzo Dalla Porta

Baca juga :  cara-menghitung-poin-motogp-gp-formula1/

Sementara dari Spanyol hanya menempatkan 6 pembalapnya yakni Jaume Masia, Marcos Ramirez, Aaron Canet, Alonso Lopez, Albert Arenas dan Jorge Martin, Sisanya diisi oleh pembalap negara lain.

Begitu juga untuk kelas Moto2 dari total 32 rider, Italia kembali jadi penyumbang terbanyak dengan 9 pembalap masing-masing Andrea Locatelli, Lorenzo Baldassarri, Luca Marini, Romano Fenati, Federico Fuligni, Simone Corsi, Francesco Bagnaia, Mattia Pasini dan Stefano Manzi. Sementara Spanyol hanya dengan 7 pembalap, Jorge Navarro, Iker Lecuona, Isaac Vinales, Joan Mir, Hector Barbera, Alex Marquez dan Xavi Vierge

Kalau digabungkan untuk ketiga kelas moto3, moto2 dan motoGP, negri spageti ini  sesunguhnya hanya unggul satu pembalap dibanding Spanyol (22 pembalap). Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa memang kedua negara tersebut memiliki stok pembalap yang melimpah dan mendominasi ajang balap paling gila ini.

Seperti yang terjadi kemaren malam dimana pertarungan pembalap dari kedua negara tersebut kembali tersaji di seri GP San Marino. Andrea Dovizioso tampil sebagai juara di kelas bergengsi MotoGP. Menariknya ternyata kemenangan itu bukan hanya menjadi kemenangan bagi si pembalap dan Ducati, melainkan juga menjadi kemenangan bagi seluruh publik di  Italia.

Bagaimana tidak? untuk pertama kali dalam sejarah, sejak balapan pertama berlangsung ditahun  1981,  pembalap Italia dapat menguasai podium satu untuk semua kelas balapan Grand Prix San Marino tersebut.

Lorenzo Dalla Porta, tampil jadi pemenang di kelas Moto3 dan Francesco Bagnaia juara di kelas moto2, kemudia Andrea Dovisioso melengkapinya di kelas paling bergengsi yakni motoGP.

Padahal ditiga musim sebelumnya pembalap Spanyol selalu mendominasi di sirkuit tersebut khususnya dikelas MotoGP. Sementara sesuai catatan pembalap Italia terakhir kali menang di San Marino adalah Valentino Rossi pada musim 2014.

Dengan demikian menjadi wajar jika para tifosi yang memadati tribun Misano kemaren malam terlihat begitu bersemangat walau sang idola mereka Valentino Rossi gagal naik podium. Italia berhasil sapu bersih semua kelas di podium satu. Hal ini tentu jadi angin segar buat pendukung Italia karena selama ini bisa dikatakan MotoGP  didominasi oleh pembalap-pembalap Spanyol…..tul ga bro!

Sumber : Dari berbagai sumber

Sumber Foto :  youtube.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here