MotoGP, Perburuan Posisi Runner-Up Dimulai

MotoGP
MotoGP

MotoGP musim 2018 sudah bisa dikatakan berakhir, Marc Marquez sudah memastikan diri tampil sebagai kampiun untuk musim 2018 ini. Konfirmasi untuk itu sudah ditentukan setelah ia memenangi MotoGP Jepang, Minggu (21/10/2018).

Dengan tambahan 25 poin, Marquez kini mengumpulkan 296 poin. Walau sesungguhnya seri balapan masih menyisakan tiga balapan lagi. Namun sepertinya Marquez sudah tak bisa dikejar lagi oleh pembalap lainya.

Andrea Dovisozo, ada di posisi kedua kelasmen dengan raihan 194 angka, sementara posisi ketiga diisi oleh Valentino Rossi 185 poin, diikuti oleh Maverick Vinales (155 poin) dan Cal Crutchlow (148 poin) untuk posisi lima besar.

Jatuhnya Dovizioso di Sirkuit Motegi jelas mempermudah langkah Marquez menuju ke tangga juara. Sekligus juga turut mendekatkan jaraknya dengan Valentino Rossi. Maka dengan begitu perburuan posisi runner-up pun, segera dimulai dari seri balapan MotoGP Australia nanti.

Dovizioso yang kini unggul sembilan poin dari Rossi bertekad untuk merebut predikat ‘juara 2’ seperti yang disampaikanya “Sekarang aku harus melihat posisi kedua karena Valentino Rossi selalu bisa bersaing,” ucap Dovizioso di MotoGP.com.

“Dia memang tidak terlalu tangguh di musim ini tapi menuju akhir kejuaraan, dia selalu bisa mencetak angka.”

Perlu diketahui MotoGP Australia akan berlangsung minggu depan 28 Oktober. GP Australia kali ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi Dovizioso dan Ducati pada khususnya karena Sirkuit Phillip Island terbukti tidak begitu ramah dengan motor Ducati.

Baca juga : cara-menghitung-poin-MotoGP-gp-formula1/

Sesuai catatan Ducati belum pernah menang di Phillip Island sejak terakhir kalinya mereka raih melalui pembalapnya Casey Stoner di tahun 2010. Dovizioso paling tinggi pencapaiannya hanya finis di posisi keempat yaitu di tahun 2014 dan 2016 sejak ia membalap untuk Ducati di 2013.

Dengan melihat kenyataan itu sepertinya suka atau tidak suka MotoGP untuk sementara harus melupakan kedigdayaa Marquez, dan saatnya pecinta balap fokus pada dua nama yang akan memberikan tontonan menarik nantinya yaitu duo bintang Italia, Andrea Dovizioso vs Valentino Rossi.

Keduanya memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi runner-up musim ini, meski sesungguhnya Dovi lebih unggul di klasemen sementara, tapi ingat masih ada tiga kesempatan lagi bagi Rossi untuk membalikkan keadaan.

Kalau kita kembali melihat hasil di tiga balapan terakhir, Dovi bersama Ducati memang harus diakui lebih unggul, ketimbang Rossi dan Yamaha yang masih saja dirundung masalah.

Tapi apapun itu, dalam balapan semua bisa saja terjadi, seperti yang terjadi di GP Jepang lalu, Dovi mengalami nasib sial ia mengalami kecelakaan di dua putaran akhir. Membuat dia harus rela mengurungkan niatnya untuk menunda pesta juara Marquez.

Jadi tidak salah kalau dikatakan bahwa tiga balapan tersisa, masih akan menyajikan pertarungan sengit khususnya antara duo pembalap italia Dovizioso (Ducati) versus Valentino Rossi (yamaha) guna memperebutkan posisi kedua.

Pertarungan ini menjadi penting bagi Rossi, karena sekaligus menjadi pembuktian baginya, apakah ia masih punya motivasi lebih atau tidak pada MotoGP ini…..tul ga bro!

Sumber foto :  youtube.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here