Vandalisme Nodai Kemenangan Persebaya Atas Persija

Salam Sportif-Kemenangan Bajul Ijo atas Macan Kemayoran ternoda akibat ulah vandalisme supoerter yang tak mengantongi tiket masuk Stadion Bung Tomo.

Misi Persebaya Surabaya menjauhi zona merah terbukti ampuh. Hal ini mereka buktikan usai memetik kemenangan telak atas Persija Jakarta di lanjutan Liga 1 2018. Bajul Ijo menghantam Macan Kemyoran 3-0. Pekan ke 29 merupakan pelecut bagi tim-tim Liga 1 bersaing mengamankan posisi. Salah satu tim di liga 1 yang mengamankan posisi adalah Persebaya Surabaya, bermain di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (4/11/2018) sore WIB.

Diuntungkan bermain kandang Bajul Ijo unggul cepat di menit pertama, Fandi Eko Utomo membobol gawang tim ibukota dari jarak dekat. Umpan silang Misbakus Solihin bisa disambut oleh Fandi dengan tendangan first time dari jarak dekat.

Kiper Persija, Shahar Ginanjar, bisa melakukan tepisan tapi bolanya tetap masuk ke gawang. Kedudukan 1-0 buat Persebaya.

Saat pertandingan berjalan berjalan setengah jam, Persebaya mampu menggandakan keunggulan.

Tendangan jarak jauh Oktafianus Bayu mengarah ke pojok kiri atas Persija. Kedudukan 2-0 bertahan hingga turun minum.

Main babak kedua giliran Persija melakukan tekanan, namun belum merubah kedudukan melalui tendangan keras Ruben Sanadi pada menit ke-60 masih belum membuahkan hasil. Arahnya melesat ke atas tiang gawang Persija.
Usaha Marko Simic di menit ke-63 masih belum membuahkan hasil.

Umpan Asri Akbar sukses disundul oleh pemain Kroasia itu, tapi kiper Persebaya, Miswar Saputra, bisa menepis bola dengan sempurna.

Alih-alih menyamakan kedudukan justru Persebaya menambah gol lagi pada menit ke-78. Gol itu tercatat atas naman Yohanes Ferinando Pahabol. Dia melakukan tusukan dari sektor tengah lapangan, memberi umpan terobosan untuk Osvaldo Haay. Bolanya diantisipasi Shahar, karena Osvaldo dihalau oleh Jaimerson Xavier. Bola liar disambar oleh Pahabol masuk ke gawang.

Di sisa pertandingan tak ada gol tambahan, Persebaya menang tiga gol tanpa balas. Dengan kemenangan ini, Persebaya berada di posisi ke 9 klasemen dengan raihan 38 poin. Sementara itu, Persija Jakarta tetap di posisi ke 3 dengan raihan 48 angka hasil dari 28 kali berlaga. Ini artinya Macan Kemayoran masih memiliki satu pertandingan.

Seperti tak pernah absen peristiwa kerusuhan selalu menghampiri kubu tuan rumah. Vandalisme ini dilakukan ratusan suporter yang tak mengantongi tiket masuk di laga Persebaya kontra Persija, suporter “liar” ini berbuat ulah. Mereka merusak fasilitas umum di area Stadion Gelora Bung Tomo, setelah dipukul mundur petugas kepolisian.

Sirkuit yang ada dekat stadion menjadi sasaran. Mereka membakar ban yang ada di sirkuit. Tak hanya satu titik yang terbakar. Sejumlah ban yang jadi pembatas sirkuit juga dibakar di beberapa titik yang dilakukan beberapa oknum suporter.

Setidaknya kemenangan Bajul Ijo atas Macan Kemayoran tercoreng akibat ulah segelintir oknum pendukungnya sendiri.

Sumber gambar: detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here